Berita
Trending

Heri Koswara Soroti Maraknya Gengster di Kota Bekasi

Aleg DPRD Jawa Barat Dapil Kota Bekasi dan Depok Heri Koswara menanggapi pernyataan Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hengki yang mengakui jika pihaknya telah mengonfirmasi temuan sebanyak 30 kelompok gengster yang tersebar di Kota Bekasi.

Dari 30 kelompok gengster yang terindentifikasi, sudah melalui proses pendataan dan metode dari beberapa kasus yang telah diungkap oleh Satreskrim Polres Metro Bekasi Kota.

Heri yang juga Ketua Asosiasi Futsal Kota Bekasi ini mengatakan sangat prihatin akan banyak nya angka tersebut. Menurutnya, hal ini sebaiknya segera dicegah oleh Pemkot dan aparat dengan berbagai cara. Heri menjelaskan untuk mencegah remaja agar tidak bergabung ke dalam gengster adalah orang tua harus bisa menjadi panutan atau “role model” yang baik bagi anak-anaknya.

“Kita Orang tua perlu menerapkan pola komunikasi yang baik dan kualitas hubungan yang positif dengan anak,” kata Heri pada media seusai menyaksikan tim futsal Kota Bekasi yang ikut turnamen AFP Jabar di Gor Jatinangor Bandung. (21/3/2022).

Lebih lanjut Heri menjelaskan para orang tua juga perlu mengarahkan anaknya agar mau ikut kegiatan positif, seperti kegiatan olahraga, seni, musik, majelis taklim atau organisasi kepemudaan.

Heri Koswara atau yang akrab disapa Bang HK ini lalu menyarankan, apabila anak kita sudah terlanjur menjadi anggota gengster, maka orang tua harus membawa anaknya berkonsultasi dengan tenaga profesional seperti psikolog untuk mengetahui kondisi anaknya secara lebih mendalam.

Seorang remaja, kata Heri, tidak akan terpengaruh untuk ikut-ikutan menjadi gengster apabila memiliki konsep diri yang berkembang baik dan perkembangan identitas diri yang positif. “Anak remaja yang punya kualitas hubungan dan komunikasi yang baik dengan orang tua serta lingkungan teman sebaya yang positif juga pasti tidak akan ikut-ikutan bergabung dengan gengster meskipun diajak-ajak,” tuturnya yang juga memiliki dua orang putra.

Menurut pandangannya, polisi sulit untuk membubarkan gengster ini karena mereka bukan organisasi formal. “Dia kan geng itu cuma kumpulan tanpa ada legalitasnya yang mengklaim namanya ini atau itu. Hanya yang jadi sorotan adalah saat mereka melakukan tindak kriminalitas seperti tawuran juga pembegalan”, kata Heri kepada awak media.

Dengan teridentifikasi puluhan gengster di Kota Bekasi tersebut Heri sampaikan apresiasinya pada kinerja Polres Metro Bekasi Kota. Dia berharap nantinya pihak aparat dan Pemkot dapat mencegah serta dapat mengantisipasi apabila ada hal-hal yang tidak baik terjadi di wilayahnya.

“Meski aparat sudah identifikasi, kita harus tetap waspada apalagi biasanya kriminalitas tinggi jelang bulan puasa sampai lebaran nanti. Dan sebagai orang tua kita juga wajib melakukan antisipasi kepada anak-anak kita,” pungkasnya. (str)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button