Berita

Prediksi BMKG cuaca ekstrim samapai tahun baru 2023

Tutran.com – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediski cuaca ekstrim yang melanda sejumlah wilayah di indonesia masih akan terjadi hingga awal tahun baru 2023 nanti.

Di pengujung tahun 2022, Indonesia khususnya di sebagian wilayah telah dilanda cuaca ekstrem mulai dari hujan lebat disertai angin kencang dan petir hingga gelombang laut yang cukup tinggi.

Cuaca buruk disebabkan masuknya musim penghujan yang dipengaruhi oleh beberapa fenomena. Diantaranya hembusan angin barat yang bertiup ke indonesia serta masa udara dingin yang bergerak dari benua asia menuju laut Cina Selatan memasuki selat Karimata dan Laut Jawayang membawa masa udara cukup dingin sehingga meningkatkan curah hujan di indonesia.

Cuaca estrem lewat hujan lebat di sertai angin kencang dan petir serta gelombang tinggi akan terjadi di sejumlah wilayah seperti Aceh sebagian Pulau Sumatera, Jawa, Lombok, NTT, Bali serta sebagian Pulau Sulawesi dan Papua.

“Yang periode 25 Desember sampai Januari 2023 sebagian besar wilayah indonesia diguyur hujan diakibatkan kita memasuki musim hujan dan beberapa wilayah terjadi potensi cuaca yang signifikan. Ini perlu di waspadai oleh masyarakat,” kata Muhammad Hakiki, Prakirawan Cuaca BMKG, Senin (26/12/2022).

“Yang perlu diwaspadai untuk tiga hari mendatang adalah Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, hingga daerah Sulawesi Selatan dan Papua, Maluku bagian tenggara perlu diwaspadai,” Sambungnya

BMKG mengimbau kepada warga yang tinggal di daerah rawan banjir, longsor dan gelombang tinggi agar selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang sewaktu waktu bisa terjadi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button