Berita

Pembayaran COD (Cash On Delivery) atau bayar di tempat

Tuturan.com – Belakangan ini ramai diperbincangkan tentang sistem pembayaran COD, apa itu sistem pembayaran COD dan bagaimana caranya? mari simak penjelasannya.

COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. Cash artinya uang tunai, dan On Delivery artinya saat dikirim. Jadi bisa diartikan, cash on delivery adalah pembayaran dengan uang tunai ketika barang dikirim dan tiba di tujuan.

Jadi menurut asal katanya tersebut, arti COD adalah suatu metode pembayaran dalam transaksi jual-beli di mana konsumen membayar pada saat barang yang dipesan tiba di tempat tujuan.

Pada mulanya metode pembayaran COD ini hanya berlaku di forum-forum jual beli online, yang dimana penjual dan pembelinya bertransaksi jual-beli di forum lalu menyepakati harga dan lokasi COD kemudian proses pembayarannya dilakukan saat pembeli menerima barang pada lokasi tersebut.

Metode pembayaran ini sangat diminati karena dapat meminimalisir penipuan atau barang yang dibeli tidak sesuai, karena pembeli dapat memeriksa secara langsung saat proses penerimaan barang di lokasi yang telah disepakati, jika ternyata barang tidak sesuai dengan postingan di forum jual-beli maka pembeli dapat membatalkan transaksi tersebut.

Saat ini banyak penyedia jasa layanan pengiriman barang melayani metode pembayaran COD, berbeda dengan COD yang dilakukan penjual dan pembeli secara langsung, COD dengan jasa pengiriman barang ini pembeli tidak dapat memeriksa saat proses penerimaan barang dan tidak dapat membatalkan pembayaran jika kemasan barang sudah dibuka.

Hal ini biasanya yang menjadi permasalahan, dimana pembeli mengira jika barang tidak sesusai pembeli dapat meminta uangnya kembali dan mengembalikan barangnya kepada kurir. Padahal prosedur metode pembayaran COD telah dianggap selesai apabila pihak penerima paket (pembeli) sudah menerima barang dan membayar barang tersebut.

Pembatalan transaksi bisa saja dilakukan asalkan kemasan barang masih utuh dan belum dibuka, karena apabila kemasan barang sudah dibuka maka itu diaangap pembeli atau penerima paket sudah menerima dan menyelesaikan transaksi.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Harap Nonaktifkan Adblock Pada Browser Anda