BeritaPendidikan

Fotonya Sering Digunakan Iklan Obat Pelangsing, Ini Fakta Penghargaan Siswi Ini

Tuturan.com, Bekasi – Sering melihat gambar ini dengan tulisan “Seorang Siswi Menciptakan Pola Diet Untuk Orang Malas. Turun 34 KG Permanen.” ya itulah judul iklan yang biasa digunakan oleh penjual obat penurun berat badan.

Iklan tersebut biasanya menampilkan berita tentang penghargaan tertinggi atas ditemukannya sebuah metode baru tentang penurunan berat badan oleh seorang siswi yang bernama Rina Kusumastuti.

Faktanya gambar tersebut merupakan foto pelajar Indonesia yang mengikuti perlombaan Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) di Los Angeles Convention Center, California, Amerika Serikat yang berlangsung pada tanggal 14 hingga 19 Mei 2017.

Dikutip dari laman lipi.go.id keempat pelajar tersebut merupakan peneliti remaja Indonesia yang berhasil meraih penghargaan melalui tiga karya penelitian, mereka membawa pulang tiga penghargaan bergengsi.

Peraih penghargaan utama (Grand Awards) adalah Latifah Maratun Sholikhah dari SMA Negeri 1 Teras, Boyolali, Jawa Tengah yang merupakan juara I LKIR LIPI kategori social sciences . Dia mendapatkan penghargaan sebagai 4th Place Grand Awards on Category of Social and Behavioral Sciences melalui karya penelitian “Anak-Anak yang Terabaikan: Studi Kasus Sikap Masyarakat terhadap Anak Penderita HIV/AIDS di Enam Kecamatan di Surakarta”. Selain penghargaan utama, Latifah juga memperoleh penghargaan sebagai Honorable Mentions dari American Physiological Association.

Pelajar kedua yang mendapat penghargaan adalah Azizah Dewi Suryaningsih dari SMA Negeri 1 Yogyakarta yang merupakan juara I LKIR Bidang Ilmu Pengetahuan Kebumian dan Maritim. Ia memperoleh penghargaan Special Awards pada peringkat ketiga dari American Geosciences Institute melalui penelitiannya yang berjudul “Hutan Bambu sebagai Tanggul Alami Penahan Aliran Piroklastik di Gunung Merapi”.

Special Awards berikutnya diraih oleh Bagus Putra dan Made Prasanta dari SMA Negeri Bali Mandara, Indonesia, yaitu Third Place dari American Meteorological Society.  Karya penelitian mereka adalah “Smart Digital Psychrometer untuk Meramal Cuaca Lokal”. Mereka merupakan pemenang Medali Emas OPSI Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud RI.

Jadi penghargaan yang didapatkan bukan tentang pola diet untuk orang malas, dan nama siswi tersebut bukan Rina Kusumastuti.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button