Berita

Bambang Purwanto Sosok Ketua BK DPRD Kota Bekasi Yang Berhasil Tingkatkan Kinerja Wakil Rakyat di Kalimalang

BEKASI – Peran dan fungsi dari Badan Kehormatan (BK) di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sangatlah vital dan penting. BK DPRD dibentuk untuk menjaga marwah dan nama baik lembaga, karena BK merupakan wadah untuk menjaga kode etik seluruh wakil rakyat yang ada di DPRD.

 

 

Di Kota Bekasi, Badan Kehormatan DPRD Kota Bekasi saat ini diketuai oleh Bambang Purwanto. Sejak pergantian dan rotasi AKD  medio awal tahun 2022, Bambang dipercaya untuk menakhodai BK yang anggotanya berjumlah 5 personil dari 50 anggota DPRD Kota Bekasi.

 

 

Sampai menjelang akhir tahun, Bambang mengatakan kinerja dan kehadiran anggota DPRD Kota Bekasi sudah lebih baik.

 

 

“Jadi kami di BK DPRD Kota Bekasi terus melakukan evaluasi kinerja dan kode etik kawan-kawan di DPRD Kota Bekasi *melalui monitoring kehadiran rapat-rapat terutama rapat paripurna dan alat kelengkapat dewan lainnya*”ujar Bambang.

 

 

Dari beberapa kegiatan yang diadakan DPRD seperti rapat-rapat alat kelengkapan dewan, rapat pansus bahkan sampai yang sangat penting yaitu rapat paripurna prosentase kehadiran anggota dewan sudah diangka 90 persen.

 

 

“Jadi rapat paripurna yang membutuhkan kehadiran sepertiga dari seluruh anggota dewan di DPRD Kota Bekasi itu selalu terpenuhi. Bahkan paripuna untuk memutuskan sesuatu yang membutuhkan dua pertiga seluruh anggota dewan pun ikut terpenuhi,”bebernya.

 

*Apabila dalam monitoring kehadiran anggota ada yang kurang baik maka akan kami sampaikan ke ketua Fraksi agar ada perbaikan kedepannya. Prinsipnya saya akan melakukan deteksi dini agar kehadiran Dewan lebih optimal*

 

 

Memang sejak adanya Covid 19, ada aturan yang memperbolehkan anggota dewan hadir melalui daring atau zoom tanpa harus hadir di tempat lokasi paripurna.

 

 

“Namun yang hadir melalui zoom memang mereka yang dalam kondisi urgent misal sedang kurang fit. Daripada absen dan tidak hadir, kawan-kawan memilih hadir melalui zoom,”tukasnya.

 

 

Selain itu kinerja wakil rakyat di kalimalang saat ini kata Bambang sangat baik. Dari beberapa pembahasan baik mengenai pengganggaran berupa APBD maupun perubahannya, kemudian penyelesaian tugas pansus dan kinerja AKD semuanya kata dia berjalan sesuai aturan dan tepat waktu.

 

 

“Kami (BK) semua mendorong kinerja wakil rakyat yang dipilih oleh masyarakat agar bekerja maksimal dan sesuai dengan keinginan masyarakat. Pembahasan APBD sesuai aturan, kemarin APBD Perubahan tahun 2022 pun tepat waktu,”tandasnya. (ADV PARLEMENTARIA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button